Jumat, 09 Mei 2014

Musik Adalah Anugerah Tuhan.

Musik adalah anugerah langsung yang diberikan oleh TUHAN untuk umat manusia agar hidup di dunia ini lebih berwarna, meskipun ada juga pendapat lain tentang itu. Jadi Seni Musik itu sendiri ialah suatu seni memindahkan nada atau not untuk menjadi sebuah HARMONISASI, Seperti halnya seorang vocalist dengan scat singingnya, seorang gitaris dengan jemari-jemarinya dalam ber-improvisasi dan begitu juga dengan instrument-instrument lainnya.

Selanjutnya untuk mengenal not-not yang harmonis itu tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah juga, yang pasti untuk mendapatkan semua itu butuh proses, ada yang menekuninya dengan jalur akademis maupun non akademis yang pasti semuanya harus belajar, belajar dan belajar.

Ada 3 point penting dalam pengenalan not , yaitu :
1. Namanya ( Chord )
2. Letaknya ( Chord )
3. Bunyinya ( Chord )

Contoh disini saya menyebutkan not ab? Jika anda pernah mendengarnya berarti anda sudah mendapatkan point yang pertama, lalu apakah anda tahu letak chord tersebut? Jika anda secara cepat mendapatkan letak chord tersebut berarti anda sudah dapat point kedua, sekarang untuk mendapatkan point ketiga coba suruh teman anda secara asal menekan chord dan anda menebaknya jika anda benar berarti anda benar-benar sudah menguasai serta mengenal not-not dengan baik.

Jadi sulitkah kita dalam pengenalan not, saya rasa tidak ada yang tidak mungkin semuanya bisa dipelajari secara betahap, dan hal ini akan menjadi wajib jika kita memang benar-benar pengen hidup dan besar di musik. Karena dengan kita mengenal no-not tersebut akan membantu kita disaat kita menginginkan nuansa riang, sedih atau apapun kita tahu rangkaian not apa yang harus digunakan, jadi bukan hanya kepekaan rasa saja yang kita gunakan tapi harus dipadukan juga dengan teori musik yang baik.

Demikian pengetahuan tentang apa itu seni musik, dan sebelum kita masuk kedalam teori maupun praktek ada baiknya kita harus mengetahui philosofy dari seni musik itu sendiri agar kita bisa menghargai suatu karya yang nantinya kita buat, karena seni musik itu sendiri bukanlah seni yang MURAHAN. Untuk yang baru atau ingin terjun di dunia musik terus konsisten, sabar, serius dan sekali lagi harus tekun dan bersungguh-sungguh, bakat bukan segalanya. Dan terbukti orang yang sukses adalah tidak selalu orang yang paling berbakat, tetapi yang pasti adalah orang yang sangat bersungguh-sungguh berusaha untuk Sukses.


Kalau ada kalian ingin lanjut dan mengetahui lebih dalam lagi mengenai dunia musik itu seperti apa, silahkan saja follow @fadilparker. Terima kasih, mari kembangkan bakat dan kemampuan kita, jangan pernah anggap hobby orang lain tidak penting, tapi rasakan bagaimana diri kita saat mencintai hobby itu seperti apa.

Salam hangat, penuturan kalimat di atas dari kata-kata musisi muda sahabat saya Fadil Parker. :)


1 komentar: