Selasa, 06 Mei 2014

Long Distance Relationship

Banyak orang-orang berpikir kalau LDR adalah hubungan yang sangat sulit dijalani dan tidak ada jaminan untuk sukses. Mereka yang awalnya dengan semangat menjalani LDR lambat laun akan bosan dan akhirnya memutuskan berpisah/mengakhiri hubungan (miris yah dengarnya).

Tetapi, benarkah hubungan yang biasa kita dengar LDR seburuk itu? Mungkin kalian pernah merasakan, sedang menjalankan dan pernah mendengar dari sahabat ataupun orang-orang yang menjalani hubungan ini. Pastinya jawaban mereka berbeda-beda, gak akan sama dan senang ataupun sedih saja.

Sebenarnya, kalau menurut gue itu, jaminan hubungan asmara yang sukses bukan ditentukan oleh jarak saja, tetapi lebih kepada bagaimana orang tersebut bisa menjaga komitmen satu sama lain untuk keharmonisan hubungannya. Seperti halnya juga dengan pasangan yang berjarak umur tidak terlalu dekat, entah si pria lebih muda dari wanitanya ataupun si wanitanya jauh lebih muda dari si pria. Hal itu sebuah komitmen dan saling menentukan dalam sebuah hubungan.

Banyak loh, gue dengar itu sekarang malah ada yang kepengin ngelakuin hubungan  jarak jauh ini. Mungkin emang karena lagi ngetrend kali yah? Tapi, gue mau kasih tau ke lo semua. Kalau LDR itu enggak enak gak enak, bener deh enggak bohong gue. Coba aja referensi kesana-kesini sama orang-orang yang sedang menjalani hubungan ini hiihi. Pasti kebanyakan bilang enggak enak, walaupun akhirnya mereka membiasakan diri, biar terbiasa dan akhirnya bilang, enak ahh.


Nah, untuk LDR itu banyak jenisnya. Ada LDR tingkat antar gang, daerah, kabupaten, provinsi, bahkan sampe ada yang Go International. Maksudnya tuh, mereka menjalin hubungan kasih sayang. Tapi mereka berbeda tempat dan berbeda waktu.

Satu hal lagi nih, agar LDR tetap awet dan sukses. Gue ada sedikitnya 6 point yang di butuhkan untuk masing-masing pasangan.

1.      Komunikasi
Jelas memang bahwa komunikasi sangatlah penting untuk menunjang kesuksesan hubungan jarak jauh. Bukan hanya sekedar bertanya "sudah makan atau belum?" tetapi lebih pada komunikasi normal secara terbuka dan membuat hubungan bisa semakin nyaman dan baik.

Selain keterbukaan, kejujuran juga sangat di butuhkan dalam LDR. Kejujuran akan secara otomatis membangun kepercayaan satu sama lain, dan hubungan tidak akan sampai terganggu oleh orang ketiga.

2.      Kepercayaan
Menaruh kepercayaan terhadap pasangan sangatlah penting. Terutama ketika jarak sedang berjauhan. Hubungan akan jauh lebih nyaman ketika masing-masing orang bisa menjaga kepercayaan dan yakin bahwa keduanya memegang komitmen yang sama. Banyak di antara-antara orang yang ada di dekat kita itu yang mengalami hubungan singkatnya karena kurang percaya, mudah terprofokasi oleh mulut orang lain.

3.      Waktu
Kita juga membutuhkan pula kesadaran dari dua belah pihak apabila memang jarak memisahkan keduanya. Oleh karena itu, masing-masing pihak harus pandai membagi dan menyediakan waktu untuk pasangannya.

Mungkin tidak harus bertemu intens setiap minggu (untuk yang masih dalam satu daerah), tetapi setidaknya komunikasi bisa terjaga dengan baik setiap hari. Bagi kita yang menjalani hubungan di luar daerah harus benar-benar extra sabar J.

4.      Berkencan
Tentukan waktu bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Entah itu nonton bioskop yang dilanjutkan dengan acara jalan-jalan, yang jelas berkencan dengan kekasih sangat penting untuk memupuk hal-hal manis agar cinta tidak pudar.

Bahkan sesungguhnya mereka yang sudah menikah juga tetap membutuhkan momen kencan untuk membuat hubungan asmaranya tetap hangat lho.

5.      Serius
Keseriusan bukanlah berarti Anda telah berkomitmen menikahinya. Tetapi, serius menjalani komitmen berarti Anda memang tahu bagaimana menjaga kepercayaan, setia, serta menjaga komunikasi tanpa menghadirkan orang ketiga di dalam hubungan.

6.      Tujuan hidup yang sama
Memiliki tujuan hidup yang sama dalam hubungan akan membuat Anda dan pasangan jadi lebih mudah untuk tetap disiplin dan menjaga komitmen satu sama lain. Tujuan ini juga akan membantu menentukan apakah Anda akan berjalan terus bersama dia atau pada akhirnya berpisah.

Setiap hubungan punya keunikan yang berbeda, salah satu kunci lain memiliki LDR yang awet adalah dengan tidak membanding-bandingkan hubungan Anda dengan orang lain. Mulai sekarang, fokus saja pada mencurahi kekasih dengan cinta dan perhatian Anda. Anda pasti bisa kok membuktikan bahwa cinta tidak pernah terhalang oleh jarak.

Biar waktu dan jarak itu jauh untuk kita dan dia, bukan alasan kita untuk meningkatkan komitmen kita. Kalau emang sudah yakin dan bulat dengan pilihan kita, ikuti langkah kaki berpijak kesana kemari dengan kepercayaan yang tinggi. Sebenarnya LDR itu juga lebih baik, dari pada sepasang manusia yang mempunyai hubungan tidak mempunyai jarak yang jauh/dekat rumah (jarak antara rumah dia dan pasangannya tidak sampai ke luar daerah atau propinsi), sedangkan mereka jarang bertemu dan berkencan, untuk menumbuhkan rasa kasih sayang mereka. Lebih kejam mana, di beri harapan palsu dengan janji-janji atau karena kita sudah terbiasa jarang bertemu dengan komitmen yang baik?. Jawaban itu ada dalam hati kalian.


Itu saja hal yang bisa saya bagi, semuanya tergantung dari diri kita masing-masing ya. bukan maksud apa-apa ko, saya hanya mengambil sisi positif dan baiknya aja, biarpun terdengar sangat sulit bagi kita, tapi banyak hal positif yang ada di dalam kisah hubungan LDR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar