Kamis, 12 Desember 2013

Dunia Memang Sempit

Siang  ini gue pulang lebih cepat dari biasanya,yang sore haripun masih kedapatan jadwal kuliah yang loncat loncat karena jadwal yang gue ambil belum tetap untuk seorang mahasiswa baru.berhubung sudah mempunyai janji  menemani seorang teman perempuan yang gue kenal,akhirnya gue segera bergegas menuju parkiran kampus yang siang itu tampak berkumpul teman teman sekelas yang sedang pada asyik mengobrol.
            “mau kemana sih lu?buru buru bener udah nyalain motor aja”ucap rendy
            Dengan senyum “gak kemana mana,biasa pulang kerumah”
            Rini dengan bingung bertanya “tumben bener mau pulang aja buru buru bener lu,sini sebentar lah kita ngobrol,ada janji sama siapa sih emangnya suf?”
            “ya mau pulang gue,udah ngantuk bener gue.semalam nginep di kosan temen gue kurang tidur gue” sambil memasang muka lesu di depan mereka
            “yaudah kalau gitu hati hati kawan dijalan,nanti malam gue ke rumah lu ajadeh,kita selesaikan tugas bareng” ajak rendy kembali
            “gue gak bisa ren,udah ada janji soalnya dari sore.jadi takut malam nanti gak ada di rumah”jawablah gue

            Sambil tertawa rendi bertanya dengan nada ledekan “janji sama siapa lu?kenalan baru nih buat ketemuan..haha”
            Dengan senyum dan segera memacu kendaraan gue meninggalkan teman teman gue diparkiran kampus..
            Mata sudah benar benar mengantuk saat mengendarai,ditambah perih oleh dabu debu jalanan yang sering mampir diwajah gue.seperti biasa biarpun siang hari dan bukan jam orang pergi ataupun pulang kerja,terlihat jalanan ibukota yang terbiasa dengan kemacetan.minibus yang saling salip menyalip untuk menaikkan penumpang dan mengejar setoran mereka juga mewarnai keadaan siang itu.
            “hmm..beginilah ibukota,siang haripun macet dan polusi polusi dimana mana mudah masuk di penciuman gue,karena minimnya penghijauan yang terdapat di pinggir jalan selain gedung gedung tinggi yang terlihat megah”hela gue
            Andaikan jakarta bisa seperti kota kota lain di Indonesia seperti Bandung,Yogyakara,BSD dll yang masih penuh penghijauan dengan rata,betapa segar dan asrinya udara yang selalu bisa kita hirup untuk oksigen kita,bukan hanya debu ataupun asap asap kendaraan yang terlihat hitam”
            Akhirnya sampai juga dirumah dengan tenang dan sudah ada inbox masuk dari wahyu,perempuan yang gue kenal saat meminta no telpon kepada teman gue untuk berkenalan menambah teman perempuan dan berlanjut sampai dunia sosial twitter yang gue sendiri belum memahami bener cara menggunakannya(minim kurang pergaulan).meskipun kita belum terlalu lama dalam setahun kenal,tapi kita sudah seperti sahabat dekat,sampai sampai wahyu mengajak gue nonton film Breaking Dawn Part II yang saat itu sedang hits dan sudah mencapai jumlah penonton yang luar biasa dikalangan anak anak muda saat itu.
            Wahyu yang gue kenal begitu energik dan lucu dengan pola tingkahnya yang kadang kadang suka berubah ubah,dari pertama kali kita bertemu dan pertama gue anterin dia ke sebuah Gramedia yang ada di Depok malam itu.
            Sampai sore benar benar tiba dan senja sudah menghilang dari langit,gue kembali menghubingi wahyu.satu jam sebelum acara film di bioskop dimulai,kita sudah jalan menuju mall untuk membeli tiket yang masih tersedia.
            Ketika sedang asyik ngobrol dan menaiki tangga jalan di mall,tiba tiba wahyu berbalik arah lagi dan menyuruh gue jalan duluan.
            “kenapa tuh anak yaa,,,jadi aneh begitu tingkahnya”sambil jalan dengan menarik alis mata
            “ada apaan sih yu ? aneh bener deh.tiba tiba balik arah dan nyuruh jalan duluan tadi”tanya gue
            “itu tadi ada temennya nding pas bener lagi di depan outlet pakaian yang dia jaga” ujar wahyu sambil tertawa
            “yang mana deeh?,enggak tau gue”ujar gue
            “itu tadi pas gue balik arah dan setelah kita naik tangga jalan,udah gpp”
            “serius gpp nih,jadi kaga enak gue nanti sama ending,kalau dia bener tau” tangkas gue
            “santai aja udah,lagian gue juga udah bilang ko ke dia kalau mau nonton sama temen gue,habis dia gak ada waktu terus”dengan nada lesu ayu menjawab
            Sesampai tiba di depan teather bioskop wahyu segera membeli tiket film yang mau kita tonton,tapi sayang,meskipun masih ada beberapa kursi yang kosong,tak ada satupun kuri yang duduk bersebelahan kosong.sehingga gue dan wahyu memutuskan untuk menonton pada jam yang selanjutnya,yaitu pukul 21.00 yang masih 2 jam setengah lagi akan dimulai.
            Tiba tiba gue melihat teman lama gue waktu di sekolah dasar (SD), dia juga sedang ada di lokasi depan bioskop bersama pasangannya.sementara Wahyu masih memesan tiket untuk pukul 21.00 nanti..
            “sep,apa kabar ? mau nonton apa juga nih kalian”tanya gue
            “eh le,iya nih.tapi sayang kursinya gak ada yang kosong lagi,ada jam 21.00 nanti”tutur septi sambil mengenalkan gue ke pasangannya “oia nih kenalin dulu le”
            “oia..Ale,teman waktu SD sama septi.terus nonton dimana kalian,disini aja malam adanya”
            Sambil melihat ke kiri dan kana septi lanjut berbicara “gak tau nih,katanya sih ada jam 19.30 nanti di pejaten,kita mau lihat kesana dulu deh,kalaupun gak ada ya gak jadi.soalnya kesianan gue dia capek baru pulang kerja..lu sendiri sama siapa le disini?
            Berhubung wahyu sudah selesai memesan tiket. “oh gue sama temen gue nih,berdua kita,kenalin yu temen SD gue septi”
            Waktu sudah terus berputar dan septi berpamitan meninggalkan gue dan wahyu.kita berduapun duduk di sofa depan teather dahulu.karena masih bingung mau kemana untuk menunggu waktu teather bioskop nanti dimulai kembali.
            “gimana udah dapet yu,coba liat tiketnya deh duduk di bangku mana kita”
            “oia nih,kita duduk di kursi A10 dan A11,ada di kursi atas”tutur ayu
            Sambil memegang tiket yang masih gue lihat “terus mau kemana kita nih?gak mungkin kan nugnggu disini aja samapai film yang sekarang ini habis”
            “terserah deh,ikut aja gue.daripada gak ngapa ngapain kita disini.asal jangan pulang kerumah aja,soalnya jauh”dengan bingung ayu menjawab
            Sambil berjalan keluar dan meninggalkan mall kembali lagi nanti malam itu,gue ngajak wahyu ke tempat biasa gue kumpul malam itu di sebuah warkop yang kebetulan saat itu ada temen gue yang kenal juga dengan wahyu,karena mereka satu sekolahan dan wahyu seniornya di sekolah tersebut.
            Sambil berbisik bisik wahyu bercerita dan bertanya “jangan bilang bilang ferry cup kalau ini gue;senior dia di SMA”
            “tenang aja,duduk dulu kesana yuk,daripada di motor diem aja”ajak gue
            Tapi tanpa diberi tahupun si ferry mengenali wahyu yang saat ini sudah memakai jilbab,karena sebelumnya di SMA dia belum menggunakan kerudung seperti sehari harinya sekarang saat kuliah yang selalu memakai kerudung.
            Sambil tertawa “haha yu,ngapain lu diem aja ?pakai kerudung sekarang lu.kayanya dulu SMA gak pakai deh” ferry menyapa ayu
            “tanpa dikasih tau udah paham dan kenal bener tuh taunya ferry sama lu yu”tawa gue kepada wahyu
            “ya itukan SMA,bukan sekarang lagi.lancar sekolah lu?”tanya wahyu
            Gue tertawa “haha lancar lah pasti,sampe sampe dari negeri di jakarta pindah ke sekolah swasta di depok” gue potong singkat omongan wahyu
            “ternyata masih sama kaya dulu ya haha”
            Sementara ferry hanya terdiam saat itu,dan melihat waktu yang sudah pukul 20.15 gue segera ngajak wahyu untuk kembali ke mall saat itu,supaya tidak terlambat memasuki teather nanti.
            Dengan santai diperjalanan sambil bercerita cerita sekilas ferry yang adik kelasnya waktu wahyu SMA dan ferry SMP di satu yayasan mereka sekolah.
            Ternyata masih ada waktu beberapa menit lagi nih,mau gak mau kita nunggu di sofa depan teather,dan tidak lama kemudian dibuka pintu teather dan kita berdua mencari kursi tempat kita duduk sesuai di tiket yang kita dapat.
            Apa boleh buat,karena sudah malas mencari kursi yang sesuai di tiket akhirnya kita duduk di kursi orang yang saat itu kosong.
            Semoga kursi ini benar benar kosong dan gak ada penonton yang dateng lagi sampai film bena benar di mulai nanti”
            Dengan perasaan was was karena takut penonton yang mempunyai kursi itu datang,gue tetap mencari kursi yang sebenarnya gue duduki,ternyata kursi itu ada di atas satu tingkat di belakang gue,yang orang sudah lebih dahulu menempatinya.
            “itu kursi kita yu,kalau bener nanti ada pemiliknya yaudah pindah aja kita ke atas,tepat dibelakang kita ternyata”bisik gue kepada wahyu
            “yaudah nanti gampang,semoga disini gak ada yang nempati”singkat wahyu

            Akhirnya film dimulai dan tak ada satu orangpun yang meminta kursi kita duduki,tenang dan lega sudah rasa waswas yang daritadi gue rasakan karena akan malu untuk pindah kembali nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar