Kamis, 03 April 2014

Menulis Di Dalam Kelas Kopdar Fiksi #Jakarta

Sesuai dengan janji yang udah gue katakan, karena banyak yang bertanya dan penasaran disini gue akan berbagi cerita mengenai kelas @kopdarfiksi #Jakarta. Kelas kopdar fiksi yang belum begitu lama kami ikuti untuk belajar menulis, kelas fiksi dari @gagasmedia yang langsung dikuratori oleh @benzbara_ dalam memberikan ilmu kepenulisannya kepada kami.

Kelas fiksi untuk Jakarta yang saat itu di buka untuk 15 orang melalui akun twitter @benzbara_ (Bernard Batubara). Hmmm... Walaupun saat itu bangku kelas fiksi yang terbatas dan tersisa tinggal 5 orang pas gue lihat timeline kak Bara, tanpa habis fikir lagi gue langsung kirim lewat email untuk kak Bara. Dan alhamdulillah, malamnya gue dapat email balasan dari kak Bara. Undangan untuk kelas pertama yang bertempat di kantor redaksi penerbit gagas media, bukune dan panda media pada tgl 22 februari 2014. Sebelumnya gue gak kepikiran kalau kelas @kopdarfiksi ini akan terus berlanjut dan hanya sekali pertemuan pada hari itu saja, ternyata dugaan gue dan anak anak yang mengikuti kelas fiksi ini pada salah, kita sempat mengira pertemuan kita di kantor penerbit siang itu hanya sekali hihihi #salah dugaan kita J. Alhamdulillah bener dan gak bisa habis fikir, kita akan belajar dari kelas kopdar fiksi sampai kita paham.

Sebelum gue membagi pengalaman dan ilmu yang gue dapatkan dari kelas @kopdarfiksi #Jakarta, gue akan memperkenalkan teman teman kf jakarta yang ternyata kita semua bisa saling kenal dari yang di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Depok dan Ciputat. Pertama gue akan perkenalkan dari ketua kelas kf Jakarta terlebih dahulu yaitu @LiaaNuridaa disusul  sebagai murid murid yang lainnya dari @merrywoo_Ian, @EPGdzulqaidar, @sintiaastarina, @nuzeldaa, @indah_inzz, @DinieMovie, @lazirerza dan terakhir gue @ahmadyusuuf sebagai murid kopdar fiksi jakarta saat ini.


"How To Write and Publish Your Novel" 

1) Di pertemuan pertama gue dan anak anak sudah diberikan banyak materi yang bermanfaat dari kak Bara dan dua editor gagas media yang saat itu kita lihat langsung yaitu mba @widya_oktavia dan mba @gitaromadhoma. Teman teman kopdar fiksi langsung serius mendengarkan materi meteri yang di dapatkan sabtu itu dengan serius dan menyimak dalam santai setiap penjelasan yang mba Iwid dan mba Gita sampaikan.




Pertemuan pertama kita mendapatkan ilmu soal menulis. Kita mendengar banyak penjelasan yang disampaikan dari mentor dan editor yang mereka berikan. Banyak cerita, masukan dan pembahasan penting dari mereka, sehingga kita juga harus ingat elemen elemen dasar dari sebuah cerita yang harus kita perhatikan seperti :
v    Genre
v    Ide
v    Plot
v    Konflik
v    Setting
v    Karakter
v    Narasi
v    Dialog
v    POV (point of view)

Elemen elemen yang ada di catatan dalam kelas fiksi pertama saat itu penting dalam pembuatan cerita kita. Sampai akhirnya kelas kita ditutup karena waktu sudah mulai malam dan foto bareng dari teman teman kopdar fiksi #jakarta bersama kak Bara.





2)  Hmmm... Kelas kedua kita diberikan materi soal Ide dan lanjut membuat sinopsis. Kita terus belajar bareng. Walaupun ada diantara teman teman kita yang tidak bisa hadir, teman teman yang hadir di pertemuan yang kedua tetap semangat mengikuti kelas fiksi siang itu di kandang gagas media. Kita mulai menceritakan ide ide cerita kita, satu persatu teman teman mulai menceritakan ide yang kita miliki pada siang itu. Ide yang sudah disiapkan dan siap diceritakan di depan Kak Bara bersama teman teman yang lain.

Dari ide cerita gue contohnya, ide cerita yang awalnya terdengar agak rumit dan panjang, bahkan bisa terdengar aneh (masih kurang ketemu goal ceritanya dimana) saat itu hihi. Tapi gue bener bener bisa agak menngerti, sama seperti teman teman yang lain yang hadir dikelas siang itu. Ide ide yang kita miliki mulai kita saling ceritakan dan kita dengarkan satu persatu dari murid murid kf dan kita saling sharing memberi masukan untuk ide cerita kita sampai akhirnya tedengar sedikit membaik. Tertawa sudah pasti, karena kita belajar dengan santai, namun tetap serius mengikuti kelas fiksi ini.

Setelah ide ide yang keluar dari gue dan teman teman yang lain selesai diceritakan  akhirnya terbentuk. Kita menutup kelas dengan tugas pertama yang diberikan kak Bara mengenai “SINOPSIS”, tugas yang harus deadline dikirim via email dan akan dibahas dalam pertemuan ketiga kita nanti minggu yang akan datang.

3)  Saat pertemuan ketiga, kita semua beralih diluar kantor penerbit yaitu di daerah Margonda Depok. Tepatnya di ZOE Cafe and library, kita diluar kandang gagas karena tempat yang biasa kita gunakan untuk belajar sedang digunakan oleh orang orang kantor pada hari itu.
Inilah "SABUTONG" tempat kita biasa gunakan di kandang gagas untuk kelas kopdar fiksi #jakarta 



Dan dipertemuan kita yang ketiga, kita pindah lokasi di ZOE cafe, yang lokasinya terbuka juga seperti di kantor gagas. Asyik lokasinya dan enjoy juga .



Persiapan gue pastinya udah benar benar siap, walau agak sedikit bingung dimana letak ZOE cafe saat itu. Gue ikutin apa yang pepatah bilang “MALU BERTANYA SESAT DIJALAN”, daripada bingung sendirian lebih baik bertanya dalam kesulitan yang kita dapatkan J. Dan akhirnya sampai juga disana. Cafe yang enjoy untuk kita mendapatkan materi, sebelum kak Bara pergi menuju Yogyakarta. Kita membahas sinopsis sinopsis yang saat itu menjadi tugas murid murid kopdar fiksi Jakarta, kita kembali menceritakan sedikit ide cerita kita, pengguanaan nama yang harus kita gunakan dan seperti biasa kita selalu mendapatkan materi materi baru dalam setiap perjuampaan kelas fiksi kita. Pertemuan kita yang ketiga kita mendapatkan ilmu tentang “OUTLINE”, kalian bisa lihat outline yang kita dapatkan http://chirpstory.com/li/193452

Akhirnya, jeng jeng jeng jeng. Kita dapat tugas lagi dengan “OUTLINE” yang seperti biasa harus deadline diselesaikan. Kita kembali belajar dalam tepat waktu yang harus diselesaikan dalam tugas, karena gue ingat dengan catatan gue didalam  pertemuan yang pertama saat kita baru memulai kelas. Disana kak Bara juga menjelaskan tahap bagi kita yaitu salah satunya dengan “DEADLINE”, dimana gue juga dapat cara konsisten yang terus gue pelajari dan gue jalani agar benar benar bisa menyelesaikan tugas tugas yang gue dapatkan tepat waktu. Apapun tugas kita, apapun tuntutan kita, apapun halangan kita dalam menyelesaikan perkerjaan yang kita miliki harus tetap fokus dan jangan terlalu dijadikan setiap tugas dalam pekerjaan kita menjadi beban.

Demikianlah cerita gue sementara soal ilmu yang gue dapatkan dari kelas @kopdarfiksi #jakarta yang langsung dikuratori oleh kak @benzbara yang sudah terbentuk kelasnya di kota Pontianak, Yogyakarta dan Jakarta tempat gue tinggal. Banyak ilmu yang gue dapatkan, pengalaman yang bisa kita dapatkan dari kemauan kita. Naskah yang harus coba gue selesaikan seperti murid murid kf Pontianak yang sudah ada menyelesaikan ceritanya menjadi sebuah novel mengikuti kak bara.


Terima kasih guys, kita berbagi dengan pengalaman kita. Dimana ada kemauan dan usaha pasti kita akan dapatkan hasilnya suatu saat nanti. Jangan menyerah sebelum memulai, kalah sebelum berjuang sangat menyakitkan daripada kita kalah ataupun gagal setelah kita berani mencoba dengan kemauan kita. Karena pengalaman yang kita dapatkan adalah guru bagi diri kita untuk lebih siap menuju harapan yang selalu kita inginkan. J

2 komentar: